Pranav Mistry, a PhD student in the Fluid Interfaces Group at MIT’s Media Lab, mendemokan penemuan terbarunya Sixth Sense di forum TED. Jika anda pernah melihat demo Microsoft Surface, sebuah Computer GUI spesial yang memungkinkan kita melakukan computing di benda-benda yang kita temui sehari-hari seperti meja, maka Sixth sense lebih dari itu. Kita dapat melakukan computing tanpa membutuhkan objek spesial untuk melakukannya. Sebagai contoh, ketika kita ingin mengambil foto pemandangan, kita cukup membentuk persegi dengan jari-jari kita ke arah pemandangan tersebut. Ketika kita ingin melihat jam, kita cukup menggerakkan jari kita seperti lingkaran dan akan muncul GUI dari jam tersebut. Bahkan ketika kita ingin menelpon, kita cukup membuka telapak tangan kita sehingga Sixth Sense dapat menampilkan GUI dari nomor telepon dan kita dapat berbicara melalui headset yang ada.

Bagaimana hal tersebut dapat dilakukan? Pada dasarnya sixth sense adalah gabungan dari kamera yang berfungsi sebagai sensor untuk menangkap pergerakan jari-jari kita, digabungkan dengan sebuah proyektor untuk menampilkan GUI dari program yang kita jalankan, dan juga sebuah cellphone yang berfungsi layaknya CPU pada komputer. Dengan mengkombinasikan ketiga Item tersebut, Pranav berhasil merancang sebuah interface baru yang dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan disekitar kita, dimanapun kita berada.

Dan hal yang paling penting adalah Sixth Sense juga terhubung dengan Cloud (internet), hal tersebut memungkinkan kita mendapatkan data dari berbagai benda disekitar kita. Sebagai contoh ketika, kita ingin memilih sebuah film di toko video maka kita cukup mengarahkan Sixth Sense ke arah video tersebut, sehingga ia bisa memperoleh data tentang video itu. Data yang didapat kemudian diteruskan via internet. Ketika Sixth Sense sudah menemukan item yang sesuai, maka ia akan menampilkan hasil rekomendasi film yang diperoleh via internet melalui proyektor sehingga kita dapat GUInya langsung di samping video tersebut.

So enough with the talk, you should see it yourself How jaw-dropping Sixth Sense is….