Pada postingan sebelumnya saya sempat ngebahas mengenai bagaimana Knowledge bisa membantu lingkungan sekitar kita (CSR). Now we back to the very root of KM, about knowledge itself.

Prinsip utama knowledge, at least for me, adalah layaknya sebuah air di dalam keran. Jika kita membuka keran tersebut dan mengalirkan air ke luar, maka makin banyak pula air yang mengalir melalui keran itu. Dan jika kita menutup keran tersebut, maka air pun akan tersumbat dan tidak bertambah.

Hal tersebut sama dengan Knowledge, jika kita menyebarkan dan men-share knowledge yang kita miliki maka kita akan lebih banyak mendapatkan Knowledge baru. Dan jika kita hanya menyimpannya untuk diri kita sendiri, maka hanya knowledge tersebut sajalah yang kita dapat, tidak lebih dan tidak kurang.
Lalu bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Satu hal yang paling simple sebagai bentuk Knowledge Sharing adalah Blogging. Dengan membuat blog tanpa sadar kita telah menuangkan sedikit atau bahkan banyak ilmu kepada orang yang membacanya (well, maybe it depends on what “knowledge” do we share). Diantara sekian banyak orang yang membaca tersebut, pastilah tentunya akan ada yang memberikan feedback ke kita berupa komentar-komentar, baik itu bermanfaat atau tidak. Namun dari komentar tersebut kita dapat belajar, and at least kita dapat memperbaiki tulisan kita di postingan yang lain.

Dan ternyata prinsip ini tidak hanya berlaku bagi individu, but also for the company itself. Hal tersebutlah yang dilakukan oleh Unilever, yang sempat saya bahas pada postingan sebelumnya, melakukan kegiatan social (Corporate Social Responsibility-CSR) dengan men-share knowledge yang mereka miliki kepada masyarakat. Dan apa yang mereka dapat? Inspirasi akan produk-produk baru serta feedback yang positif dari masyarakat…

Jadi jangan pernah takut kalau anda akan kehabisan ilmu yang anda miliki jika anda selalu menyebarkannya, karena ilmu tersebut akan memberikan sinergi bagi anda dan orang yang anda terangkan untuk terus berkembang.
*sedikit curhat: dulu waktu S1 banyak sekali teman2 saya yang pelit akan ilmunya

So what are we waiting for? Lets share our knowledge!