Mr. Gates berbicara dalam forum TED tentang visinya ke depan untuk menurunkan kadar emisi karbon menjadi sebesar 0%. Untuk mencapai visinya tersebut, Mr. Gates mengadakan sebuah riset yang ia namakan Terrapower. Bentuk utama Terrapower sendiri adalah sebuah power plant bertenaga nuklir, namun yang spesial dari reaktor tersebut adalah bahan bakarnya.Berbeda dengan reaktor nuklir biasa yang menggunakan U-235, bahan bakar utama Terrapower adalah U-238 yang biasa disebut dengan “nuclear waste” atau sampah nuklir.

Dalam sebuah uranium alami terkandung 0.71% U-235, 99.28% U-238, dan 0.0054% U-234. Dengan kata lain saat sebuah reaktor nuklir biasa mendapatkan 1kg uranium murni, ia hanya menggunakan 0.0071 kg-nya sedangkan 0.99kg sisanya menjadi sampah (biasa dikenal dengan depleted uranium).

Nuclear Waste at Kentucky

Nuclear Waste at Kentucky

Jumlah nuclear waste tersebut sudah mencapai ribuan tangki (dapat dilihat di gambar di atas) di Amerika, belum lagi negara-negara lain yang menggunakan energi nuklir. Maka dari sanalah muncul ide untuk memanfaatkan sampah2 nuklir tersebut menjadi salah satu penghasil energi alternatif.

Sebuah ide yang brilliant dari salah satu visioner di abad ini. Dan bukan tidak mungkin kalau Terrapower (Intellectual Ventures) mengalami kesuksesan yang sama dengan Windows (Microsoft) mengingat kebutuhan akan energi yang semakin naik serta tingginya kadar emisi CO2 yang dihasilkan energi lain.