Selama ini banyak yang berpendapat bahwa Knowledge Management dan Businesss intelligence adalah satu hal yang sama. Business Intelligence memang merupakan salah satu alat untuk mencari knowledge bagi perusahaan kita, namun ia hanya salah satu tools dalam penerapan Knowledge Management tersebut.

Data merupakan sumber informasi dan jika diolah dengan baik, informasi tersebut dapat menghasilkan knowledge yang berguna bagi perusahaan. Dan bagaimana perusahaan dapat memfiltrasi serta menganalisis seluruh data pada database, yang pada kenyataannya sangat-sangat transactional-based? Salah satu caranya adalah dengan menyusun ulang seluruh data tersebut ke dalam data warehouse dan menggunakan Business Intelligence sebagai user interface untuk menyajikan informasi akan hasil analisisnya.

Sebagai contoh adalah data tentang penjualan sales pada perusahaan tiap bulan-nya. Dengan menggunakan data warehouse perusahaan dapat mendapatkan informasi tentang bulan apa saja lonjakan sales terjadi, sehingga perusahaan memiliki knowledge untuk menambah stocknya tiap bulan tersebut. Bahkan tidak hanya itu, dengan BI dan juga data warehouse, perusahaan bahkan bisa melihat produk-produk apa yang laku di tiap lokasi penjualannya sehingga ia bisa memiliki Knowledge lebih akan tren pembelian berdasarkan tiap tempat, dan membuat promosi yang berbeda-beda di tiap lokasi penjualannya. Sungguh sebuah sistem yang sangat-sangat membantu perusahaan dalam mendapatkan knowledge.

Namun Knowledge Management lebih besar Scope-nya daripada itu. Selain mengelola Knowledge yang di dapat dari hasil transaksi perusahaan, Knowledge Management juga mengelola Knowledge yang ada di tiap individunya. Sebagai contoh ketika seorang IT Consultant resign dari perusahaannya, maka Knowledge-knowledge yang ada pada dirinya juga akan ikut ”resign” dari perusahaan jika perusahaan tidak menerapkan KM dengan baik.

Knowledge akan permasalahan-permasalahan yang pernah dialami dengan client beserta pemecahannya, knowledge akan bisnis proses yang ada pada client, dan juga knowledge akan module-module yang sudah dibuat akan hilang, jika sang Consultant tidak mewariskan knowledge yang dimilikinya kepada penerusnya sebelum ia resign. Hal tersebut tentunya tidak dapat dijangkau oleh Business Intelligence dan juga Data Warehouse.

Knowledge Management is more than BI, Data Warehouse, or any other tools. It’s a set of strategies and practices to influence the culture of an organization toward improved knowledge sharing, reuse, learning, collaboration and innovation.

sharing knowledge

share your knowledge!