Hire a Hero adalah sebuah organisasi berskala kecil (small enterprise) non profit yang bertindak sebagai penyalur tenaga kerja khusus, yakni para veteran-veteran militer untuk dapat bekerja di lingkungan normal (non militer). Setelah berjalan beberapa tahun, Hire a Hero berusaha mengembangkan sendiri sistem informasinya untuk memudahkan bisnis mereka. Namun apa yang terjadi, aplikasi yang mereka kembangkan ternyata kurang dapat mendukung bisnis mereka. Akhirnya Hire a Hero menemui jalan buntu dan ribuan dollar investasi yang mereka lakukan pun sia-sia.

Pimpinan Hire a Hero pun akhirnya mencoba mencari jalan keluar. Setelah melakukan searching dan sedikit riset, ia akhirnya memutuskan bahwa beberapa aplikasi Cloud Computing dapat menjadi solusi bagi sistem informasi yang ingin mereka kembangkan. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya:

Aplikasi pertama adalah salesforce.com, yang kita ketahui merupakan aplikasi Costumer Relationship Management (CRM). Selain untuk mengolah data-data Customer dan juga mendukung kegiatan sales serta Customer Relationship, dengan salesforce.com Hire a Hero bisa mengotomatisasi beberapa business logicnya. Sebagai contoh saat member (pencari kerja) Hire a Hero belum mengirimkan CV mereka maka salesforce.com akan mengirimkan reminder e-mail secara otomatis. Begitu pula saat member (pencari kerja) tidak datang ke interview, maka akan ada pesan (e-mail) yang memberitahu siapa yang harus dihubungi untuk membantu mereka.

Aplikasi kedua adalah yourmembership.com, yang akan menjadi aplikasi front-end berbasis web bagi sistem mereka. Dengan web tools ini para member Hire a Hero, baik pencari kerja maupun penyedia lowongan, bisa mengisi data mereka yang kemudian akan diinput ke dalam sistem. Yourmembership.com juga menyediakan fungsi social networking, layaknya situs friendster.com maupun myspace.com, sehingga member dapat saling terhubung satu sama lain. Hal tersebut tentunya akan mendekatkan hubungan antar member, yang berujung dengan bertambah kuatnya hubungan member dengan Hire a Hero.

Yang ketiga namun yang paling penting adalah sebuah aplikasi data integration yang dapat menghubungkan salesforce.com dengan yourmembership.com, sehingga data-data yang berasal dari yourmembership.com bisa langsung masuk ke dalam database salesforce.com. Aplikasi tersebut adalah XAware, sebuah open-source solution, yang terdaftar dalam module AppExchange di salesforce.com.

Dengan adanya ketiga aplikasi tersebut memungkinkan Hire a Hero melakukan fungsi bisnis mereka yakni online recruitment tanpa harus pusing mengembangkan sistem mereka sendiri. Tentunya hal tersebut juga mengurangi cost yang mereka keluarkan, dikarenakan biaya yang murah dalam menggunakan online service tersebut. Sebagai contoh yourmembership.com hanya menarik biaya $500 sebulan. Sangat berbeda dengan biaya sebelumnya, sebesar $2500 per bulan, yang dikeluarkan untuk menggaji seluruh technical staff mereka.

Waktu yang diperlukan hingga aplikasi bisa terpakai juga lebih singkat dibandingkan saat Hire a Hero men-develop aplikasi mereka sendiri (yang ternyata berakhir mengecewakan). Belum lagi fitur-fitur yang ditawarkan salesforce.com, yang sudah dipakai berbagai macam perusahaan besar, tentunya jauh lebih lengkap dibanding aplikasi mereka sendiri.

Dan terakhir, karena Hire a Hero adalah perusahaan non-profit maka baik salesforce.com dan yourmembership.com memberikan layanan mereka secara cuma-cuma. Sebuah hal yang tentunya sangat menguntungkan Hire a Hero.